Site Loader

LOCATION

www.facebook.com/wyuliandari ; www.instagram.com/widyanti_yuliandari ; https://twitter.com/widyanti_y
Share
Pic From Pixabay
Pic

Saat ini di pasaran banyak sekali beredar berbagai minuman kemasan, diklaim sebagai minuman kesehatan dengan berbagai kegunaan. Mulai dari penghalau masuk angin, pereda flu dan batuk, pereda nyeri haid dan lain sebagainya.

Sebenarnya, kita bisa membuat sendiri minuman kesehatan alami atau kita sebut saja teh herbal. Toh, bahan-bahannya kebanyakan tersedia di dapur. Apalagi manfaat teh herbal juga baik untuk kesehatan. Membuat teh herbal pun sangat mudah. Anda yang kalau baking selalu bantat (seperti saya, wkwkwk) pasti bisa deh kalau cuma bikin teh herbal. Anti bantat kalo yang ini!

Selain pasti lebih murah, membuat sendiri teh herbal sesuai kebutuhan Anda dan keluarga juga pasti lebih sehat, karena bahan-bahannya terpilih dan pasti tanpa bahan pengawet ataupun aditif lainnya.

Lagipula segala sesuatu yang homemade rasanya juga lebih ramah lingkungan. Kita tidak perlu menambah timbunan sampah yang sudah menggunung di bumi kita ini dengan kaleng atau botol bekas minuman pabrikan.

Berikut ini ada dua ramuan herbal tea sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Wedang Jahe

Selain menghangatkan tubuh, menghalau masuk angin dan menyamankan tubuh yang sedang terserang flu, ramuan ini juga bermanfaat menyamankan pencernaan. Jadi setelah Anda makan agak berlebihan, atau makan makanan yang agak sulit dicerna dan perut Anda terasa sebah sesudahnya, makan wedang jahe dapat menjadi pereda sebah Anda.

Oh iya, wedang jahe ini bisa juga digunakan sebagai minuman pengganti pada orang-orang yang sedang berusaha mengobati kecanduan pada kopi.

Bahan:
• 3 ruas jahe, atau sesuai selera
• 300 ml air panas
• 1 SDM madu (Bisa di-skip, saya biasanya enggak pakai)

Cara Membuat:
1. Kupas jahe, atau cukup dicuci dengan disikat
2. Geprek jahe hingga memar
3. Taruh jahe di mug lalu siram air panas
4. Tutup, diamkan beberapa menit
5. Buka tutupnya lalu tambahkan madu
6. Aduk hingga larut, dan siap diminum

Catatan:
Jika digunakan sebagai pereda sebah, seharusnya tanpa penambahan madu atau pemanis lainnya.

Teh Jahe Jeruk Nipis

Teh jahe jeruk nipis adalah favorit saya saat terserang flu. Selain tentu, saat flu atau sakit lainnya yang diperlukan tubuh adalah memperbanyak buah, sayur dan air, juga istirahat. Bahan dan cara membuatnya sederhana saja:

Bahan :

  • 3 ruas jahe
  • ½ buah jeruk nipis
  • 300 ml air panas
  • 1 SDM madu (Juga bisa diskip. Tanpa pemanis bahkan lebih baik)

Cara Membuat Teh Herbal :
1. Langkah 1-4 sama dengan cara membuat wedang jahe
2. Tambahkan madu dan perasi jeruk nipis
3. Aduk hingga rata
4. Siap dikonsumsi

Nah, sementara dua resep dulu ya, teman. Mudah, kan cara membuat teh herbal sendiri di rumah? Next time akan disambung lagi dengan koleksi resep teh herbal yang lain. Selamat mencoba 😀

Post Author: widyanti yuliandari

Momblogger, penulis buku, pebisnis online sekaligus seorang PNS yang suka menulis. Tema-tema green, health, pola makan sehat, travelling , teknologi dan pendidikan adalah topik yang diminatinya.

One Reply to “Teh Herbal-Minuman Sehat Dari Bahan-bahan Alam (Bagian 1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!