Cara Mengolah Makanan Yang Ramah Lingkungan

Share

Cara Mengolah Makanan Yang Ramah Lingkungan — Tubuh kita membutuhkan makanan sehat supaya tetap terjaga dari serangan penyakit. Kita tahu bahwa di sekitar kita banyak sekali makanan yang tidak ramah bagi kesehatan tubuh seperti makanan yang mengandung bahan pengawet dan telah terkontaminasi dengan insektisida bahkan polutan.

Makan yang sudah jadi-pun seringkali terlihat menggoda mata akibat kemasan yang bagus, kepraktisan dan gencarnya iklan di berbagai media massa. Makanan yang tidak ramah bagi tubuh itulah yang kemudian kita beli. Sayang sekali, akibat kebiasaan kita yang salah atau keliru akibat ketidaktahuan, kesehatan kita-pun menjadi taruhannya.

Seperti apa makanan sehat dan ramah lingkungan ? Dan bagaimana kita harus mengolahnya ? Berikut adalah beberapa tips mengolah makanan sehat ramah lingkungan.

Tips mengolah makanan sehat ramah lingkungan

 

1. Masaklah secukupnya untuk hari ini

Tidak berlebihan masak untuk lebih dari satu hari. Masaklah untuk hari ini saja. Dengan cara ini, kita bisa mengurangi jumlah sampah dan menghemat bahan bakar serta kandungan nutrisi makanan tidak jauh berkurang akibat disimpan. ( baca juga : Upaya pencegahan pemanasan global skala rumah tangga )

2. Perbanyak konsumsi makanan mentah

Raw food sudah menjadi trend di dunia, terutama di negara maju. Mengkonsumsi makanan mentan seperti buah – buahan, lalapan dan biji – bijian sangat menyehatkan bagi tubuh. Melalui raw food maka nutrisi makanan akan terjaga kualitasnya, tidak banyak yang hilang. Kita juga akan menghemat penggunaan bahan bakar, yang tentunya turut menjaga kelestarian Bumi.

3. Pilihlah makanan lokal

Makanan lokal kita jadikan prioritas. Makanan lokal lebih ramah lingkungan, lebih sehat dan aman. Kita bisa memilih produk makanan lokal yang bebas dari pestisida.

Berbeda dengan makanan impor yang di datangkan dari luar negeri. Makanan impor memerlukan bahan pengawet, tidak bebas pestisida sehingga lebih awet dan membutuhkan tranportasi yang menghabiskan bahan bakar.

4. Kurangi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng berhubungan dengan konsumsi minyak goreng. Kita tahu bahwa sumber bahan pembuat minyak goreng adalah kelapa sawit. Perkebunan sawit ternyata merusak keberadaan hutan tropis yang berperan sebagai paru – paru Bumi. Makan yang digoreng juga mengurangi nutrisi dari sumber makanan akibat proses penggorengan. (baca juga : Memahami kembali manfaat hutan di tengah kerusakannya)

5. Kurangi mengkonsumsi produk hewani

Fakta yang ada adalah sektor pertanian, tempat hewan – hewan diternakkan, adalah penyumbang gas rumah kaca seperti metan dan CO2. Kita tahun bahwa gas rumah kaca ini berkontribusi pada kenaikan temperatur Bumi dan dampak turunannya sangat serius. Selain itu, sektor pertanian mengkonsumsi air dalam jumlah besar.

Mengurangi makanan hewati ternyata sangat sehat bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan hewani berarti kita memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi dan stroke.

Demikian sedikit tips cara mengolah makanan ramah lingkungan. Siapapun diri kita, maka kita bisa melakukannya. apalagi untuk kalangan ibu rumah tangga yang biasanya berurusan dengan keperluan dapur.

Leave a Reply