Waspadai Bahaya Indoor Pollution

Share

indoor pollution

Gambar: Pixabay

Bahaya Indoor Pollution–Polusi udara bukan hanya terjadi di jalanan yang penuh dengan kendaraan bermotor. Jika kita menganggap bahwa hanya asap tebal di jalanan yang bisa mengancam kesehatan kita maka kita keliru sekali.

Di ruangan yang dingin ber-AC atau ruangan dengan angin sepoi-sepoi ternyata menyimpan potensi polusi udara. Kita namakan hal itu sebagai Indoor Pollution.

Indoor pollution ini justru lebih berbahaya dikarenakan aktifitas kita lebih banyak berada di dalam ruangan, seperti pada saat kerja atau saat istirahat di dalam rumah.  Sebut saja, sumber pencemar indoor pollution adalah asam rokok, obat nyamuk bakar, asap kompor, obat semprot nyamuk, bau cat dan sebagainya. (baca juga : Pengelolaan lingkungan skala rumah tangga)

Berikut rincian sumber polusi di dalam ruangan.

1. Benzo-a-pyrene, sumbernya dari asal rokok dan berpotensi menyebakan kanker paru dan gangguan pernafasan.

2. Oksida Nitrogen, sumbernya dari asap kompor, terutama pada rumah dengan ventilasi udara yang kurang. Mengakibatkan gangguan pernafasan

3. Para-diclorobenzene, sumber dari kamper dan pengharum ruangan. Pencemar ini berpotensi mengakibatkan penyakit kanker.

4. Asbetos atau debu asbes, sumber dari atap rumah atau bahan berbahan dasar asber. Berpotens mengakibatkan gangguan pernafasan dan penyakit kanker.

5. Chloroform, sumber dari air panas yang memakai klorin. Berpotensi mengakibatkan kanker.

Setelah mengetahui, berbagai sumber indoor pollution di atas yang perlu kita lakukan adalah mengurangi atau tidak memakai sumber pencemar yang biasa kita pakai dan mengatur ulang tata ruang rumah supaya cukup ventilasi udara. ( baca juga : Pencegahan pemanasan global skala rumah tangga )

 

 

 

Leave a Reply