Pengelolaan Lingkungan Skala rumah Tangga

Limbah rumah tangga berkontribusi pada pencemaran baik di air, tanah ataupun udara. Karenanya penting sekali bagi setiap rumah tangga untuk memahami pengaruh limbah yang dikeluarkan dan berupaya untuk melakukan pengeloaaan.

Ada baiknya kita memahami lebih dulu sumber-sumber pencemar.

Definisi Pencemaran Lingkungan

Pengertian normatif pencemaran lingkungan adalah bercampurnya makhluk hidup, energi, zat dan lainnya ke dalam lingkungan yang mengakibatkan terjadinya penurunan bahkan tidak berfungsinya lingkungan. Makhluk hidup, zat, energi dan lainnya itu berasal dari aktifitas manusia.

Sumber pencemaran tersebut akan mengakibatkan pencemaran pada air, tanah dan udara. Uraiannya saya jabarkan di bawah ini.

Sumber Pencemaran Tanah dan Air

Sumber pencemar air

Sungai bukan tempat sampah!

Sumber pencemaran tanah yang berasal dari sektor domestik sebagai berikut :

  • Limbah padat seperti plastik, kertas, sisa makanan, sisa bahan olah makanan dan sebagainya.
  • Limbah cair seperti air bekas mandi, urine, feses dan air bekas keperluan sehari-hari. Limbah cair bisa berasal dari dapur atau tempat cuci pakaian.
  • Limbah dengan daya racun tinggi seperti baterai, obat – obatan, cat, air aki dan sebagainya.

Bagaimana caranya mengendalikan pencemaran air dan tanah di atas ?

Cara yang digunakan dengan menerapkan teknologi tepat guna dan perubahan perilaku masyarakat. Sebagai contoh adalah tidak membuang sampah sembarangan, apalagi langsung ke sungai, memilah sampah organik dan non organik, memendang sampah yang mengandung bahan beracun berbahaya, mengelola sampah organik dan memanfaatkan kotoran manusia dan hewan sebagai sumber energi alternatif (terutama untuk kawasan padat dan peternakan). ( baca juga : Pencegahan pemanasan global skala rumah tangga )

Sumber Pencemaran Udara

Pencemaran udara berasal dari sumber bergerak dan tidak bergerak. Pencemaran udara mengakibatkan kualitas udara turun sehingga mengganggu kehidupan makhluk hidup.

Sumber bergerak pencemar udara dari kendaraan bermotor. Sedangkan sumber tidak bergerak berasal dari pabrik atau sumber pembakaran lain seperti kebakaran udara.

Pencemaran udara tersebut bukan hanya mengganggu kehidupan makhluk hidup tetapi juga mengubah komposisi atmosfer Bumi dengan meningkatnya jumlah senywa karbon dan asam seperti asam klorida, asam sulfat dan asam nitrat.

Bagaimana Cara Mengendalikan Pencemaran Udara ?

  • Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan dan secara rutin periksa kondisi mesin
  • Gunakan alat penangkap debu pada pabrik .
  • Menggalakkan penghijauan

Baca juga :

 

Leave a Reply