Prospek Agrobisnis Menanam Kelapa Kopyor

Agrobisnis kelapa kopyor ternyata sangat menguntungkan. Berapa nilai ekonomi jika kita berbisnis di bidang ini ? Yuk, ikuti tulisan lawas aku berikut ini.

Fakta bahwa tumbuhan dapat memperbaiki kualitas lingkungan telah banyak diketahui orang. Kemampuan tumbuhan untuk memperbaiki iklim mikro, mengubah CO2 yang berbahaya menjadi O2 yang sangat diperlukan manusia, menahan air hujan, dan sebagainya juga telah sering diperbincangkan.

Yang kerap menjadi persoalan adalah, bagaimana cara membuat masyarakat tertarik dan kemudian bergiat melakukan penanaman pohon. Salah satu jawaban persoalan tersebut adalah : Pohon tersebut harus bernilai ekonomi tinggi dan relatif cepat menghasilkan.  ( Baca juga : Pengaruh kegiatan usaha terhadap lingkungan hidup)

bisnis kelapa kopyor

Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor adalah salah satu jawaban. Kelapa kopyor memiliki nilai ekonomi tinggi, tidak meminta syarat tumbuh yang terlalu rumit dan relatif cepat berproduksi. Harga kelapa kopyor relatif lebih tinggi dibandingkan kelapa biasa. Di sentra penghasil kopyor Banyutowo-Dukuhseti, Pati harga kopyor di tingkat pekebun mencapai Rp. 8.000,-. Sedangkan di Sentra penghasil kopyor Batang-batang, Sumenep-Madura, harga kopyor mencapai Rp. 11.000,- perbuah. Sampai di Supermarket atau toko buah harga kopyor lebih mencengangkan, bisa mencapai Rp. 25.000,-. ( Harga pada tahun 2008 )

Permintaan akan kelapa kopyor sangat besar. Kopyor tidak saja dijadikan minuman segar, namun juga sebagai bahan baku es krim. Pusat perkulakan Makro Surabaya membutuhkan 200-300 kopyor per minggu, sementara pemasoknya hanya mampu memenuhi setengahnya saja. Bila Bulan puasa dan Idul Fitri tiba, permintaan melonjak dua kali lipat.

Kelapa kopyor sebenarnya adalah kelapa biasa yang mengalami kelainan/abnormal. Potensi terbentuk buah kopyor secara alami hanya sebesar 3%, demikian pengalama Ir. Sumaryono MSc, Kepala Komersialisasi Biotek Perkebunan Bogor. Beruntung kini ada bibit hasil kultur embrio yang berpotensi menghasilkan kopyor hingga 100 %.

Syarat tumbuh Kelapa kopyor tidak begitu berbeda dengan kelapa biasa. Daerah yang terbaik bagi pertumbuhannya adalah 0-300 dpl lebih baik lagi bila di tepi pantai, tanah subur dan gembur dan air tanah dangkal. Bila Kelapa kopyor ditanam di dataran tinggi, umur panen menjadi lamban. (baca juga : Memahami manfaat hutan)

Budidaya kelapa kopyor juga tak jauh beda dengan kelepa umumnya. Hanya bila bibit berasal dari kultur embrio, maka tanaman harus terisolasi minimal 500 m dari tanaman kelapa biasa. Tujuannya adalah agar tidak terjadi perkawinan silang dengan kelapa biasa.

Demikian artikel singkat aku mengenai prospek bisnis kelapa kopyor.

One comment

  1. Gayahidupku.com says:

    Wah ternyata tinggi ya permintaan kelapa kopyor ini, tapi bisnis ini sepertinya lebih cocok untuk mereka yang berdomisili di daerah dataran rendah

Leave a Reply